Selasa, 24 September 2013

Belajar Tentang Dropbox

Alhamdulillah diklat online yang saya ikut lewat etraining p4tkmatematika telah usai.
Dalam diklat ini dilaksanakan secara full online. bisa diakses 7 hari dalam satu minggu dan 24 jam dalam sehari. Karena sifatnya yang online jadi bisa diikuti dimana saja, tanpa harus datang dan berada di suatu lokasi tertentu.

Tentunya hal ini sangat fleksibel bagi peserta. terutama saya yang notabenenya masih mempunyai balita kembar yang berumur di bawah 2 tahun. Peserta diklat masih bisa mengikuti rangkaian diklat tanpa meninggalkan pekerjaan di sekolah, dan tetap bisa beraktifitas di rumah seperti hari-hari biasa. namun untuk mengikuti materi, serta forum diskusi dan menyelesaikan penugasan tentunya harus pandai-pandai mengatur waktu. kadangkala harus dilakukan di tengah malam ketika yang lannya sedang terlelap.

Diklat ini memberikan manfaat yang besar kepada saya, karena banyak materi baru yang saya dapatkan dalam diklat ini.
Salahsatu materi baru yang saya peroleh adalah menyimpan file online. file jika kita menyimpan file di komputer atau laptop, atau flasdisk ada kemumngkinan file ini akan terkena virus, rusak jika laptop kita rusak atau ngadat kita tidak bisa membukanya. Ternyata kita sekarang bisa menyimpan file dan membuka file dimana saja kita ingin membukanya, asalkan ada layanan internet lewat komputer manapun kita bisa membukanya. fasilitas ini bisa kita dapatkan di Dropbox.

langkahnya:
  • Unduh Dropbox, kita bisa mencari di Dropbox.com
  • instal dropbox di laptop
  • simpan file di dropbox atau kita bisa juga membagikan ke teman-teman yang lain.
berikut ini adalah contoh file saya yang tersimpan di dropbox dan bisa diunduh.
https://www.dropbox.com/s/arta6kb45etikzv/ANGKET%20PARTISIPASI%20SISWA.docx

Contoh Pembuatan ContKisi-Kisi Ulangan Harian



KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 5 KEPIL
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas / Semester         : 9 / I
                                            
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Jumlah Soal
No Soal

Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaanna dalam pemecahan masalah



3.1 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah



·         Menentukan perbandingan sisi sisi dua segitiga sebangun dan menghitung panjangna
·         Memecahkan masalah ang melibatkan kesebnagunan


Kesebangunan

3


1




1, 2,
3

4




Mengetahui,
Kepala sekolah



Bambang Nuryanto, S.Pd
NIP 19660120 198903 1 007





Kepil,       Juli  2013
 Guru Mata Pelajaran



 Ismul Farikhah, S.Pd.Si
     NIP 19860702 201001 2 016












KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 5 KEPIL
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas / Semester         : 9 / I
                                            
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Jumlah Soal
No Soal

Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukuranna



2.2    Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola

2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola

·         Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola
·         Menghitung volume tabung, kerucut, dan bola
·         Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah  yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola

Tabung, kerucut, dan bola

1

1

2

4

2

1, 3



Mengetahui,
Kepala sekolah



Bambang Nuryanto, S.Pd
NIP 19660120 198903 1 007




Kepil,        Agusus  2013
 Guru Mata Pelajaran



 Ismul Farikhah, S.Pd.Si
     NIP 19860702 201001 2 016









Ulangan Statistika



ULANGAN HARIAN STATISTIKA
1.       Perhatikan tabel berikut!
Nilai
5
6
7
8
9
10
frekuensi
2
10
11
1
3
1

Tentukan mean, median, modus dari data tersebut?
2.       Dari 18 siswa yang mengikuti ulangan Bahasa Inggris, nilai rata-ratanya 65. Setelah 2 orang siswa ikut ulangan susulan, nilai  rata-ratanya menjadi 64. Nilai rata-rata  2 orang siswa yang ikut ulangan susulan adalah….
3.      Berat rata rata dari 25 orang adalah 60 kg dan berat rata rata 15 orang  lainnya adalah 50 kg. Berat rata rata dari keseluruhan kedua kelompok adalah …
4.      Tinggi  rata-rata 8 orang pemain Volly adalah 176 cm. Setelah  2 orang keluar dari tim Volly, tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu adalah ….




KUNCI JAWABAN
1.      Mencari mean, median, modus
Nilai
5
6
7
8
9
10
sum
frekuensi
2
10
11
1
3
1
28
N * Frek
10
60
77
8
27
10
192
Mean = 192/28 = 6,86
Median = 7
Modus = 7

2.     

Jumlah nilai
1170
110
1280
Siswa
18
2
20
Mean
65
55
64
Jadi rata-rata nilai 2 orang susulan adalah

3.     

Jumlah berat
1500
750
2250
Orang
25
15
40
Mean
60
50
56,25
Jadi rata-rata nilai 2 kelompok adalah 56,25

4.     

Jumlah tinggi
1408
1050
358
Orang
8
6
2
Mean
176
175
179
Jadi rata-rata tinggi 2 orang adalah 179