Selasa, 09 April 2013

Lomba Karya Ilmiah Guru SD dan SMP Prov JATENG Tahun 2013


-->

INFO LOMBA KARYA ILMIAH
INOVATIF PEMBELAJARAN GURU SD DAN SMP
TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013

Bagi para guru tingkat Sd dan SMP, ada lomba Inovatif Pembelajaran Guru SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jawa tengah. Karya ilmiah berupa hasil Penelitian Tindakan kelas (PTK). Bagi guru-guru yang sedang melakukan Penelitian Tindakan Kelas mau mencoba mengirimkan laporannya? Bias di coba.

Berkaitan dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 akan efektif berlaku tanggal 1 Januari 2013 (ternyata sampai sekarang belum diberlakukan) tapi siapa tahu segera diberlakukan. Peraturan ini mengatur tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam peraturan ini guru dinilai kinerjanya secara teratur setiap tahun melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG). Disamping itu, guru wajib mengiktui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) setiap tahun. PKB terdiri atas Pengembangan Diri (PD) serta Publikasi Ilmiah (PI) dan/atau Karya Inovatif (KI). PKB dalam bentuk PD harus dilakukan guru sejak golongan III/a, dan  mulai golongan III/b sampai ke IV/e selain melakukan PD juga harus melakukan PI dan/atau KI. Selain melakukan PD, PI dan/atau KI, untuk golongan IV/c ke IV/d juga harus melakukan Presentase Ilmiah di depan Tim Penilai. Kegiatan PKG dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah atau Asesor yaitu guru senior yang telah melalui dan lulus pelatihan PKG. Domain yang menjadi sasaran kegiatan PKG adalah 4 (empat) kompetensi guru, yaitu : 1) Kompetensi Pedagogik, 2) Kompetensi Kepribadian, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Profesional. Masing-masing kompetensi di atas terdiri atas indikator-indikator yang telah disepakati oleh Kementrian Pendidikan Nasional, yaitu : untuk Kompetensi Pedagogik ada 7 indikator, untuk Kompetensi Kepribadian ada 3 indikator, untuk Kompetensi Sosial ada 2 indikator, dan untuk Kompetensi Profesional ada 2 indikator. Jumlah seluruh indikator untuk 4 kompetensi di atas ada 14 indikator.

Nah…. Lomba ini bias jadi ajang untuk mempersiapkan karya ilmiah untuk persiapan PAK jika peraturan tersebut sudah benar-benar diberlakukan.

Ayo semangat….. hehehe… meskipun aku sendiri juga ragu nich, bias mencoba mengirim naskah lomba gak ya? Yang penting semangat…..



unuk info lengkapnya silahkan klik link berikut ini:

http://pdkjateng.go.id/index.php/sekbid/pptk/554-lomba-karya-ilmiah-inovatif-pembelajaran-guru-sd-dan-smp-tingkat-provinsi-jawa-tengah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar